0

Pencemaran Udara

Hai guys...
Pencemaran udara sudah meradang negeri kita. Tidak ada satupun kota yang tidak terkena pencemaran udara.
Kalian tau apa penyebabnya, berikut tulisan tentang pencemaran udara yang diakibatkan oleh gas sulfur dioksida yang ditulis oleh LAPAN :


Sulfur dioksida merupakan gas yang tidak berwarna berbau tajam. Sulfur dioksida merupakan senyawa kimia dengan rumus SO2 tersusun dari 1 atom sulfur dan 2 atom oksige yang dihasilkan terutama dari letusan gunung berapi dan beberapa proses industri. Bahan bakar minyak banyak mengandung unsure sulfur, sehingga pembakarannya menghasilkan SO2 kecuali sulfurnya telah dihilangkan sebelum dilakukan pembakaran. Oksidasi lain dari sulfur biasanya dikatalisis oleh NO2 membentuk H2SO4 yang merupakan hujan asam. Emisi sulfur dioksida juga merupakan komponen partikulat yang ada di atmosfer. Sumber utama SO2 adalah 88,3 % dari industri, 7,6 % dari transportasi. Penurunan konsentrasi SO2 dalam 25 tahun terakhir dapat berarti adanya peningkatan dalam proses industri dan sistem filtrasi yang lebih baik


Selain itu, gas berbahaya tersebut bisa juga berasal dari letusan gunung merapi. Contohnya saja kejadian meletusnya gunung Merapi di Jogjakarta baru-baru ini. Sulfur dioxide yang berasal dari letusan gunung merapi tersebut mengumpul di lapisan stratosfer, lalu di lapisan stratosfer tersebut akan memicu reaksi kimia yang menyebabkan aerosol memantulkan sinar matahari selama berbulan-bulan, bahkan bisa bertahun-tahun. Mudah diduga jika semakin lama sinar matahari dipantulkan keluar atmosfer, terjadilah pendinginan iklim global. 

0 comments:

Posting Komentar

Back to Top