0

infiltrasi

Tadi pagi gue baru aja kuliah hydrometeorologi. Itu adalah salah satu mata kuliah yang paling gue suka. Gue akan memposting tentang pelajaran yang udah gw pelajari tadi, yaitu tentang INFILTRASI.
Dibawah ini adalah materi infiltrasi yang udah gue tangkep selama kuliah tadi. Read carefully, guys :)

Infiltrasi adalah suatu proses meresapnya air dari permukaan tanah melalui pori-pori tanah. Daya infiltrasi adalah laju infiltrasi maksimum yang ditentukan oleh kondisi permukaan tanah. Besarnya daya infiltrasi dinyatakan dalam mm/jam atau mm/hari. Laju infiltrasi adalah laju infiltrasi yang sesungguhnya terjadi dan dipengaruhi oleh intensitas hujan dan kapasitas infiltrasi.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi infiltrasi, yaitu:
1.Sifat fisik tanah : porositas, permaebilitas, tekstur
2.Pengelolaan lahan : pengolahan tanah, pemadatan, jenis vegetasi da perakaran
3.Bentuk lahan : batuan induk, kemiringan lereng, jaringan drainase dan irigasi
4.Kondisi cuaca : curah hujan dan intensitas hujan
Didalam tanah, air mengalir secara lateral. Gerakan air didalam pori-pori tanah dipengaruhi oleh gaya grafitasi dan gaya kapiler.Apabila tanah kering, air terinfiltrasi melalui permukaan tanah karena pengaruh gaya grafitasi dan gaya kapiler pada seluruh permukaan. Setelah tanah menjadi basah, gerak kapiler berkurang karena berkurangnya gaya kapiler. Hal ini menunjukkan laju infiltrasi rendah.



0 comments:

Posting Komentar

Back to Top